Jumat, 24 April 2015

GREEN INDUSTRY

GREEN INDUSTRY

Saat ini perindustrian berkembang semakin pesat. Produk yang dihasilkan dari industri kini tidak dalam hal kualitas saja yang semakin bagus. Namun, pemilihan bahan baku, proses produksi sampai pembuangannya pun dibuat agar berkualitas serta ramah lingkungan. Sehingga dampak yang diterima lingkungan pun akibat proses produksi sampai pembuangan limbahnya, tidak berdampak besar bagi lingkungan. Hal ini berkaitan dengan industri ramah lingkungan atau yang biasa dikenal, Green Industry.


Seiring dengan adanya kesadaran masyarakat akan lingkungan, pembuangan limbah dalam perindustrian juga semakin diperhatikan. Dalam perindustrian, biasanya limbah sebelum dibuang, harus melewati pengelolaan limbah yang baik agar tidak merusak lingkungan. Tujuannya selain agar ramah terhadap lingkungan, limbah yang keluar  juga memenuhi syarat sesuai dengan ketentuan AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan) yang berlaku.

AMDAL sendiri merupakan kajian dampak besar dan penting terhadap lingkungan hidup, dibuat dalam tahap perencanaan, dan digunakan untuk pengambilan keputusan.

Selain AMDAL, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan limbah adalah tidak adanya limbah B3  (Bahan Beracun dan Berbahaya) yang tercecer di area industri. Agar tidak merusak lingkungan, limbah B3 memerlukan cara penanganan khusus, baik cara pengolahan maupun pembuangannya.

Konsep 5R juga semakin banyak digunakan dalam industri. Yaitu :
1.                  Reduce yang berarti mengurangi
2.                  Reuse yang artinya menggunakan kembali
3.                  Recycle atau yang biasa kita kenal, mendaur ulang
4.                  Re place atau menggantikan
5.                  Replant atau menanam kembali

Penerapan dalam pengelolaan limbah industri sendiri tidak selesai sampai disitu. Masih banyak lagi hal-hal yang perlu diperhatikan, misalnya dalam hal pemilihan bahan baku, sanitasi, dan lain-lainnya. Limbah industri sendiri juga bermacam-macam bentuknya, ada limbah padat, limbah cair, limbah gas, dan B3, yang masing-masing perlu cara pengelolaan tersendiri. Hal ini berfungsi untuk mengurangi dampak terhadap lingkungan kita. Melindungi dan merawat bumi kita agar semakin indah dan nyaman dihuni :*

papay~
Merci!
Thank You!
Kamshamnida!
Xiexie!
Terima Kasih!

Daftar pustaka


Hayo lestarikan Bumi dengan semua isinya,


Untuk Warisan Anak Cucu Kita




Tidak ada komentar:

Posting Komentar